Cara Mengatasi Stres Saat Kuliah

Tanggal posting : 22 November 2021
Oleh Admin
tips-trick

Cara Mengatasi Stres Saat Kuliah

 

1

1973003

Anggota
 
 

 

halo dok,saya merasa stress dalam masa perkuliahan.dalam semua pembelajaran kuliah saya tidak merasa kesusahan kecuali pemrograman.dari dosen tiap minggu pasti ada tugas pemrograman.dan saya tetap tidak bisa mengerjakannya sehingga mengalami stress dan sering kepikiran ketakutan takut nilai anjlok ataupun tidak bisa lanjut semester depan,saya harus gimana dok?

 

 

 

Dijawab oleh:

dr. Talitha Najmillah Sabtiari

Dokter
 
 

 

Alo Delvi,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kesulitan dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda di setiap subjek, dan ketidakmampuan pada salah satu subjek bukan berarti menunjukkan adanya hal yang negatif pada diri Anda. Begitu juga dengan stres dan rasa takut akan kegagalan, yang merupakan respon yang alamiah dan wajar pada proses pembelajaran, dan merupakan bagian dari proses tersebut. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana mengontrol rasa stres dan takut tersebut agar tidak berlebihan dan tidak mengganggu konsentrasi Anda.

Terdapat banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa stres dan takut yang Anda sampaikan tersebut. Jangan langsung menyatakan ketidakmampuan Anda terhadap subjek tertentu tersebut, dan yakin bahwa perlahan-lahan Anda akan mengalami progres yang meningkat dalam hitungan waktu. Pahami bahwa ini merupakan hal yang wajar dan merupakan elemen penting dalam proses pembelajaran, yaitu yang tadinya tidak bisa menjadi bisa.

Anda bisa memikirkan kiat untuk menghadapi hal ini, seperti dengan meminta bantuan teman terdekat untuk dapat mengajarkan subjek yang Anda tidak mengerti tersebut. Selain itu, identifikasi metode belajar yang paling membuat Anda nyaman, seperti dengan mendengarkan, menulis, atau dengan mengulangi materi yang sudah Anda baca. Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, dan Anda perlu mengidentifikasi gaya belajar yang Anda sukai untuk mendapatkan manfaat yang maksimal ketika belajar. Cari sumber-sumber lain yang dapat membantu Anda memahami materi tersebut, termasuk meminta bimbingan dari dosen apabila memungkinkan.

Di samping itu, Anda sebaiknya mengurangi fokus pada perasaan takut dan stres yang Anda alami ini. Lakukan gaya hidup yang sehat, mencukupi asupan makanan yang sehat dan bergizi, minum air 2-3 liter per hari, latihan relaksasi seperti meditasi dan yoga, berolahraga rutin, dan tidur cukup 7-9 jam per hari, serta menekuni hobi dan aktivitas lain yang Anda senangi.

Semoga informasi ini dapat membantu yaa.

Salam.

 

Oleh: 
dr. Talitha Najmillah Sabtiari

Sumber : www.alodokter

(0) yang berkomentar

Silahkan login terlebih dahulu untuk menulis komentar

Berita Lainnya

tips-trik
The Schmutzer Primate Center is one of the largest in the world and houses many different primate species amongst which gorillas, chimpanzees and orangutans.

Baca selengkapnya

tips-trik Pola Hidup

Baca selengkapnya

tips-trik Hydroponic

Baca selengkapnya