4 Manfaat Kacang Panjang bagi Kesehatan yang Menarik untuk Diketahui

Tanggal posting : 16 March 2022
Oleh Admin
tips-trick

Kacang panjang merupakan golongan sayur yang berbentuk polong-polongan. Kacang panjang banyak tumbuh di wilayah Asia beriklim subtropis dan tropis, seperti Indonesia. Kacang panjang kerap dijadikan sebagai salah satu bahan makanan, yaitu bahan untuk tumisan, sup, atau gulai.

Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan, kacang panjang juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Dalam kacang panjang terdapat beragam kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Di antaranya kandungan protein, vitamin, mineral, dan antioksidan.

1. Mengontrol Berat Badan

Kacang panjang termasuk ke dalam sayuran yang rendah kalori, sehingga kamu tidak perlu khawatir berat badan akan bertambah jika mengkonsumsinya. Walaupun kamu mengkonsumsi secara rutin, berat badan tidak akan bertambah secara signifikan dan berat badan dapat terkontrol. Jika kamu sedang menjalani diet, kamu bisa menambahkan kacang panjang dalam menu harianmu. Selain itu, kandungan serat dan protein yang ada dalam kacang panjang mampu membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan juga mengontrol nafsu makan.

2. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kacang panjang diketahui memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan adanya kandungan fersebut, kacang panjang dapat membantu menjaga kesehatan usus dan melancarkan saluran pencernaan. Selain itu, serat yang terkandung dalam kacang panjang juga dapat membantu mengurangi risiko masalag pencernaan, seperti sembelit.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Kacang panjang juga mengandung kalium yang mampu membantu mengontrol tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu, serat yang terkandung dalam kacang panjang juga bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah. Kacang panjang dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Sehingga kacang panjang aman untuk dikonsumsi dan merupakan salah satu pilihan makanan sehat.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan serat yang tinggi pada kacang panjang mampu memperlambat penyerapan gula dalam darah. Kacang panjang juga termasuk golongan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak akan menaikkan gula darah secara drastis. Karena manfaatnya tersebut, kacang panjang dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Kacang panjang juga dinilai aman dikonsumsi bagi penderita diabetes ataupun yang memiliki risiko terkena diabetes.

Kacang panjang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan aman untuk dikonsumsi. Namun, kamu juga perlu memastikan kebersihannya sebelum memasak kacang panjang agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Semoga bermanfaat.

Sumber : yoursay.suara.com pola hidup sehat kacang

(0) yang berkomentar

Silahkan login terlebih dahulu untuk menulis komentar

Berita Lainnya