Apa Bedanya Gemblong dan Getas?

Tanggal posting : 16 March 2022
Oleh Admin
tips-trick

 

Ada beberapa jajan tradisional Indonesia yang bentuk dan rasanya mirip. Misalnya sama gemblong dan getas.   Kedua jajanan ini sama-sama terbuat dari tepung ketan dan dilapisi gula cair. Walau begitu sebetulnya keduanya pun memiliki perbedaan. 

 

Gemblong  Gemblong dan getas memiliki kesamaan dari segi bahan dan rasa maupun tekstur. Keduanya sama-sama terbuat dari tepung ketan, kelapa parut, dan santan. Selain itu, gemblong dan getas juga dilapisi dengan gula. Namun jenis gula pelapis yang digunakan berbeda.   Andre Tanoto, pemilik usaha Gemblongku menjelaskan bahwa umumnya gemblong memakai gula aren atau gula merah. Sementara, getas biasanya menggunakan gula pasir.  Dalam pembuatannya, gula dicairkan terlebih dulu lalu dicampurkan ke adonan yang telah digoreng. "Setahu saya dari komposisi dalam sih sama, cuma beda di lapisan luarnya," jelas Andre kepada Kompas.com, Kamis (03/03/2022). "Kan kalau yang getas itu dari gula pasir ya, kalau gemblong dari gula aren atau gula merah. Bedanya sih dari itu setahu saya," tambahnya.

 

Meski tak diketahui secara pasti asal-usul gemblong, tapi jajanan ini cukup populer di Jawa Barat maupun Jakarta. Penjual gemblong kebanyakan berada di pasar tradisional maupun jalan menuju Puncak ataupun Bogor. "Iya benar-benar gemblong biasanya di jalanan puncak, Bogor. Atau enggak biasanya di pasar tradisional," ujar Andre.

 

AGetas Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahan gemblong dan getas sebetulnya sama. Namun terkadang ada pula yang  membuat getas memakai tepung ketan hitam. Sementara itu, dikutip dari buku "Kue-Kue Indonesia: 165 Resep Penganan Populer Nusantara" (2015) oleh Yasa Boga terbitan PT Gramedia Pustaka Utama getas yang terbuat dari tepung ketan hitam biasanya dikenal dengan sebutan 'Gemblong Betawi'.  

 

Di luar daripada itu, baik gemblong dan getas sama-sama bercita rasa manis dan teksturnya empuk, lembut, dan sedikit kenyal. Keduanya tidak bisa disimpan lama karena gulanya mudah mencair.  Jika gemblong populer di Jawa Barat dan Jakarta, getas lebih banyak ditemukan di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Jajanan ini biasa dijual di pasar tradisional atau tenongan.

 

Sumber : Kompas Gemblong getas

(0) yang berkomentar

Silahkan login terlebih dahulu untuk menulis komentar

Berita Lainnya