Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Tanggal posting : 12 October 2022
Oleh Admin
tips-trick

Bumi tempat kita tinggal ini terdiri dari berbagai macam makhluk hidup. Satuan makhluk hidup ini membentuk suatu ekosistem. Ekosistem terbentuk oleh dua komponen pokok, yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Adapun, ekosistem adalah kesatuan interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Satuan makhluk hidup dalam ekosistem meliputi individu, populasi, komunitas, lingkungan hidup, lingkungan dunia (biosfer) dan habitat. Berikut adalah penjelasan tentang satuan makhluk hidup dalam ekosistem, yaitu:

Individu

Individu adalah satuan makhluk hidup yang merupakan struktur terkecil dari tingkatan ekosistem tertentu. Individu juga dapat disebut dengan spesies makhluk hidup tunggal. Contohnya, seorang manusia, seekor ayam, dan sebatang pohon.

Populasi

Populasi berasal dari bahasa latin "populus" yang artinya rakyat atau penduduk. Dalam ekosistem, populasi adalah sekelompok atau sejumlah individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Yang dimaksud sejenis adalah memiliki persamaan bentuk, dapat melakukan perkawinan, dan mampu menghasilkan keturunan yang fertil. Kepadatan populasi dapat berubah dari tahun ke tahun. Perubahan ini disebabkan dua hal yaitu: Adanya individu yang datang karena adanya kelahiran dan atau kedatangan dari tempat lain (imigrasi). Adanya individu yang pergi karena adanya kematian atau kepindahan ke tempat lain (emigrasi). Faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan populasi adalah karena terjadinya perubahan lingkungan seperti, perubahan suhu, kadar air tanah, dan curah hujan.

Komunitas

Seluruh populasi yang hidup bersama dalam suatu daerah disebut komunitas. Populasi populasi yang hidup di suatu daerah, baik secara langsung maupun tidak langsung saling mempengaruhi (berinteraksi), misalnya populasi rumput mempengaruhi populasi rusa, populasi rusa mempengaruhi populasi harimau. Contoh-contoh komunitas adalah: Komunitas sawah, terdiri atas populasi padi, populasi tikus, populasi katak, populasi serangga, dan lain-lain. Komunitas danau, terdiri atas populasi ikan, populasi ganggang, dan lain-lain.

Lingkungan hidup

Semua makhluk hidup baik sebagai individu maupun populasi tidak ada yang menyendiri. Makhluk hidup terdapat dalam lingkungan tertentu. Adapun, lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi dua, itu lingkungan biotik dan lingkungan abiotik, berikut adalah penjelasannya. Lingkungan biotik, adalah semua makhluk hidup, tidak hanya hewan dan tumbuhan yang terdapat di dalam suatu makhluk hidup tersebut (parasit yang terdapat dalam tubuh makhluk hidup). Lingkungan abiotik adalah semua benda mati, baik yang dapat dilihat maupun tidak. Antara lain tanah, air, batu-batuan, udara, suhu, kelembapan, dan cahaya matahari.

Biosfer

Biosfer merupakan bagian luar dari bumi yang mencakup, udara, daratan, serta air yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung. Biosfer juga dapat diartikan sebagai kumpulan semua ekosistem yang ada di bumi.

Habitat

Makhluk hidup tidak dapat hidup dengan baik dan berkembang biak di sembarang tempat. Misalnya, ikan laut tidak dapat hidup dengan baik di air tawar, atau kaktus tidak dapat hidup di daerah dingin. Ini berarti setiap makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu yang sesuai dan cocok sebagai tempat hidupnya, yaitu habitat.

Sumber : https://www.kompas.com/

(0) yang berkomentar

Silahkan login terlebih dahulu untuk menulis komentar

Berita Lainnya

tips-trik
This beach has big waves that are perfect for surfing, especially from May to October. This beach is also famous as G-Land. The letter ā€œGā€ in G-Land stands for Grajakan, the name of the bay in this beach that has big waves.

Baca selengkapnya

tips-trik Eco-Enzyme

Baca selengkapnya

tips-trik Pola Hidup

Baca selengkapnya