Jangka Waktu Vaksin Booster Pertama ke Kedua Berapa Lama Sih? Cek di Sini

Tanggal posting : 31 January 2023
Oleh Admin
tips-trick

Jangka waktu vaksin booster pertama ke kedua berapa lama sih? Pertanyaan ini kerap dipertanyakan lantaran selain lansia dan tenaga kesehatan, masyarakat umum kini sudah bisa melakukan vaksin COVID-19 booster kedua atau dosis keempat.
Adapun hal tersebut dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya percepatan vaksinasi sekaligus meningkatkan proteksi masyarakat Indonesia dari COVID-19 dan varian barunya yang bermunculan, seperti Omicron XBB.1.5, subvarian yang disebut-sebut sangat menular.

Begitu juga vaksin booster kedua ini tak perlu sampai menunggu dapat tiket. Langsung saja pergi ke lokasi vaksin booster atau fasilitas layanan kesehatan untuk mendapatkannya.

"Untuk pencatatan masih dilakukan manual sambil menunggu pcare dan peduli lindungi disiapkan" Ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Muhammad Syahril di Jakarta, dikutip dari laman Kemenkes RI, Kamis (31/1/2023).

Simak berikut ini untuk mengetahui syarat mendapatkan vaksin booster COVID-19 kedua.

Jangka Waktu Vaksin Booster Pertama ke Kedua Berapa Lama?
Berdasarkan aturan yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/380/2023 Tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi kelompok Masyarakat Umum, yang ditetapkan oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian penyakit Pada 20 Januari 2023, pemberian vaksin COVID-19 dosis booster kedua diberikan dengan jarak waktu enam bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama.

Selain itu, vaksin COVID-19 dosis booster kedua ini diberikan kepada semua masyarakat umum dengan usia 18 tahun ke atas.

Untuk jenis vaksin yang dapat digunakan, yaitu vaksin COVID-19 yang telah mendapat Persetujuan Penggunaan Dalam Kondisi Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan memperhatikan vaksin yang ada.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang memang belum divaksinasi ataupun vaksinasinya belum lengkap, agar secepatnya dilengkapi. Jangan menunda dan jangan pilih-pilih vaksin, karena vaksinasi terbaik adalah vaksinasi yang dilakukan sekarang juga," ujar dr Syahril.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera amankan slot vaksin COVID-19 booster kedua di fasilitas layanan kesehatan terdekat demi mencegah fatalitas hingga kematian akibat virus tersebut.

Sumber : https://health.detik.com

(0) yang berkomentar

Silahkan login terlebih dahulu untuk menulis komentar

Berita Lainnya