Di sela-sela kesibukan merawat bayi, tidak sedikit ibu menyusui yang mengabaikan perawatan untuk dirinya sendiri. Padahal, perawatan diri bagi ibu menyusui merupakan hal yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mentalnya.

Setelah melahirkan, Busui akan memasuki fase nifas. Proses pemulihan tubuh pada fase ini biasanya dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Pada fase ini pula, di samping sibuk menyusui, pikiran Busui akan fokus terhadap kesehatan dan perawatan Si Kecil.

Tips Perawatan Diri bagi Ibu Menyusui - Alodokter

Momen ini tentunya dapat menguras banyak energi. Jika tidak disertai dengan fisik dan mental yang kuat, Busui akan lebih rentan mengalami baby blues, kecemasan, hingga depresi pascamelahirkan.

Langkah Perawatan Diri bagi Ibu Menyusui

Untuk mendapatkan fisik dan mental yang sehat serta terhindar dari gangguan kesehatan pascamelahirkan, Busui perlu melakukan perawatan diri. Perawatan diri yang dimaksud bukan hanya sekadar pijat, manikur, atau spa, tapi juga menerapkan pola hidup yang sehat.

Berikut ini adalah tips perawatan diri yang perlu Busui terapkan:

1. Konsumsi makanan bernutrisi

Busui disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat agar tubuh tetap berenergi. Pilihlah makanan yang bernutrisi tinggi, seperti daging, ikan, telur, buah-buahan, sayuran, atau kacang-kacangan.

Lengkapi dengan konsumsi susu atau produk olahan susu yang bebas atau rendah lemak serta mengandung kalsium tinggi. Pastikan juga Busui memperbanyak minum air putih agar tetap terhidrasi.

Perhatikan waktu makan, ya, Busui. Kesibukan mengurus Si Kecil jangan sampai membuat Busui lupa untuk makan. Selain untuk kebutuhan energi Busui, mengonsumsi makanan bernutrisi dan mencukupi asupan cairan juga dibutuhkan untuk memproduksi ASI.

2. Cukupi waktu istirahat

Merawat Si Kecil tentunya akan menyita waktu Busui, sehingga waktu istirahat pun akan berkurang. Hal ini tentu dapat membuat Busui menjadi lelah dan tidak konsentrasi ketika mengurus Si Kecil. Namun, di tengah kesibukan ini, pastikan Busui tetap mencukupi waktu istirahat, ya.

Sebisa mungkin, tidurlah saat Si Kecil tidur. Dengan begitu, Busui akan memiliki tambahan waktu tidur dan lebih bertenaga untuk mengurus Si Kecil.

Busui disarankan untuk mematikan ponsel dan lampu sebelum tidur, atau melakukan aktivitas yang bisa membuat tidur lebih berkualitas, misalnya mendengarkan lagu atau meminum teh chamomile.

3. Lakukan olahraga

Sempatkanlah waktu untuk berolahraga, ya. Busui bebas kok memilih olahraga apa saja yang disukai. Namun, sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas yang ringan atau sedang saja, seperti berjalan kaki atau yoga.

Susui Si Kecil atau pompa ASI terlebih dahulu sebelum memulai olahraga. Selain itu, pastikan Busui mengenakan bra yang tepat dan mandi setelah berolahraga. Rutin berolahraga akan membuat tubuh lebih rileks dan berenergi serta menghilang rasa pegal-pegal.

4. Lakukan aktivitas yang disukai

Sisihkanlah waktu untuk me time dengan melakukan aktivitas yang disukai, misalnya bermeditasi, memasak menu baru, menonton film, berkebun, atau hanya sekadar minum secangkir teh di teras rumah. Busui juga bisa melakukan perawatan diri, seperti creambathmasker wajah, berlulur, atau mempercantik kuku.

Selain membuat tubuh menjadi rileks, melakukan aktivitas yang disukai juga membuat mood meningkat, sehingga Busui akan lebih bersemangat merawat Si Kecil. Saat melakukan aktivitas ini, Busui bisa menitipkan Si Kecil kepada pasangan atau anggota keluarga lainnya.

5. Ikuti komunitas ibu menyusui

Bergabunglah dengan komunitas ibu menyusui. Di sini, Busui bisa memperluas pengetahuan seputar menyusui dan merawat bayi, serta bisa saling bertukar cerita. Berada di dalam komunitas ini juga membuat Busui dan anggota lainnya saling menguatkan serta mendukung satu sama lain.

Fisik dan mental yang sehat merupakan kunci utama untuk sukses menyusui dan merawat Si Kecil. Oleh karena itu, pastikan Busui menerapkan perawatan diri yang telah dipaparkan di atas agar tubuh berenergi dan suasana hati menjadi lebih baik.

Jangan ragu untuk meminta pertolongan pada pasangan dan anggota keluarga lainnya jika Busui merasa keteteran dalam mengurus Si Kecil, ya. Bila masih ada pertanyaan terkait perawatan diri bagi ibu menyusui atau cara merawat Si Kecil, konsultasikanlah dengan dokter.