8 Bahaya Terlalu Lama Pakai Earphone, Bisa Tuli Permanen

Tanggal posting : 08 March 2023
Oleh Admin
tips-trick

CNN Indonesia -- Menjaga kesehatan telinga dan pendengaran bisa dimulai dengan memperhatikan penggunaan headset atau earphone yang menjadi tren saat ini.
Menurut Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, penggunaan headset atau earphone yang tidak sesuai anjuran dapat menyebabkan penyakit pada telinga, bahkan bisa menyebabkan ketulian.

Penggunaan headset dengan suara melebihi 85 desibel dapat menyebabkan ketulian atau gangguan pendengaran. Bahkan, penggunaan di atas 15 menit juga berisiko memicu gangguan pendengaran yang bersifat sementara maupun permanen.

Melansir berbagai sumber, berikut beberapa efek kesehatan terlalu lama menggunakan headset atau earphone.
1. Pusing berputar
Menukil laman Only My Health, terlalu sering menggunakan earphone dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang disebut vertigo.

Vertigo adalah kondisi yang membuat penderitanya pusing dan merasa sekelilingnya seperti berputar. Peningkatan tekanan di liang telinga karena suara keras bisa menyebabkan sensasi ini.

2. Gangguan pendengaran
Kehilangan pendengaran bisa menjadi efek samping yang parah akibat penggunaan earphone berlebih dalam jangka waktu lama.

Pada dasarnya, telinga bagian dalam sangat peka terhadap suara masuk yang diterimanya dari earphone atau headphone.

Ada banyak sel di telinga dan beberapa sel memiliki struktur seperti rambut kecil yang disebut sel rambut yang berfungsi sebagai pemancar suara yang berjalan dari telinga ke otak, untuk diproses lebih lanjut. Terlalu banyak suara keras dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sel-sel ini, sehingga dapat mengganggu seluruh proses transmisi suara.

3. Infeksi telinga
Ilustrasi. Infeksi telinga, salah satu bahaya terlalu lama pakai earphone. (Istockphoto/kokouu)
Penggunaan earphone yang langsung dicolokkan ke liang telinga dapat menjadi penghalang bagi saluran udara telinga. Penyumbatan ini dapat menjadi penyebab umum berbagai jenis infeksi telinga. Pasalnya, menggunakan earphone menyebabkan pertumbuhan bakteri.

Ahli kesehatan merekomendasikan agar tidak berbagi penggunaan earphone dengan siapa pun karena bakteri berbahaya dapat berpindah dari telinga Anda ke orang lain.

4. Sakit telinga
Sakit telinga merupakan salah satu efek samping paling umum dari penggunaan earphone dalam waktu lama setiap hari. Kebisingan berlebih ditransmisikan melalui perangkat Anda langsung ke telinga. Tingkat volume yang tinggi harus dihindari sebisa mungkin.

Bahkan, earphone atau headphone yang tidak pas dapat menyebabkan sakit telinga ringan atau berat. Jadi, tekanan berlebih pada telinga luar dan efeknya pada gendang telinga akan menyebabkan sakit telinga.

5. Susah fokus
Suara yang dikeluarkan dari earphone dapat berdampak negatif pada gendang telinga. Suara bergerak dari telinga ke otak dan memengaruhi sistem saraf, sehingga dapat menyebabkan kurangnya fokus. Kekuatan fokus dan konsentrasi bisa menjadi lemah karena penggunaan earphone yang berlebihan dalam waktu lama.

Lihat Juga :

Awas, Ini Bahayanya Tidur Sambil Pakai Earphone
6. Tuli akibat kebisingan
NIHL (noise-induced hearing loss) atau tuli akibat kebisingan adalah gangguan pendengaran ketika telinga tidak berfungsi dengan semestinya akibat mendengar suara yang terlalu bising.

Tidak hanya volume earphone, namun durasi penggunaan yang terlalu lama juga dapat menyebabkan NIHL.

7. Tinnitus
Tinnitus merupakan sensasi telinga berdengung yang bisa berlangsung sesaat atau dalam waktu yang lama. Kondisi ini dapat terjadi hanya di telinga kiri, telinga kanan, atau pada kedua telinga.

Sel-sel rambut yang rusak di koklea, bagian telinga yang penting bagi fungsi pendengaran, dapat menyebabkan suara berdengung atau menderu di telinga atau kepala. Suara inilah yang disebut dengan tinnitus.

8. Hiperakusis
Mengutip Healthshots, mereka yang menderita tinnitus rentan untuk mengembangkan kepekaan yang tinggi, bahkan terhadap suara lingkungan yang normal. Kondisi ini disebut dengan hiperakusis.

(del/asr)

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/

(0) yang berkomentar

Silahkan login terlebih dahulu untuk menulis komentar

Berita Lainnya

tips-trik Eco-Enzyme

Baca selengkapnya

tips-trik Pola Hidup

Baca selengkapnya

tips-trik
A small island situated across Tanjung Pinang, capital of the Riau Islands Province, the island of Penyengat in the 18th century was the twin-seat of the Sultan of the Johor-Riau Kingdom

Baca selengkapnya

tips-trik Eco-Enzyme

Baca selengkapnya

tips-trik Eco-Enzyme

Baca selengkapnya