Punya Masalah Pendengaran Tapi Tak Nyaman Pakai Alat Bantu, Solusinya Apa Dok?

Tanggal posting : 13 March 2023
Oleh Admin
tips-trick

Saya punya masalah terkait pendengaran. Contohnya, ketika berkendara mobil saya akan kesulitan mendengar pembicaraan penumpang di baris kedua.

Tapi, jika ada percakapan tatap mata atau jarak dekat saya masih bisa menangkap 95 persen pembicaraan tersebut. Sudah pernah cek ke dokter spesialis dan diperiksa dengan alat, hasilnya pendengaran memang agak berkurang dan diberikan alat bantu dengar.

Tapi saya merasa tidak nyaman dan menyusahkan saat beraktivitas. Apakah ada solusi lain untuk permasalah gangguan pendengaran selain menggunakan alat bantu dengar, Dok?

CH (wanita, 42 tahun)

Jawaban:

Gangguan pendengaran dapat diklasifikasi menjadi 3 jenis, yaitu:

Konduktif

Saraf atau sensorineural

Perpaduan antara keduanya.

Oleh karena itu, penting untuk menelusuri apa penyebab dari gangguan pendengaran tersebut. Apabila gangguan pendengaran termasuk jenis gangguan pendengaran saraf atau sensorineural, maka sifatnya biasanya permanen dan irreversible.

Penggunaan alat bantu dengar dapat menjadi salah satu solusi rehabilitatif dari gangguan pendengaran yang dialami. Apabila gangguan pendengaran disebabkan karena gangguan konduktif, maka terapi dapat diberikan dalam bentuk pengobatan maupun tindakan operatif.

Oleh karena itu perlu dilihat lebih lanjut tipe gangguan pendengaran yang dialami untuk menemukan solusi yang tepat.

dr Rangga Rayendra Saleh, SpTHT-KL(K)

Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Bedah Kepala Leher Konsultan Otologi

RS Pondok Indah - Puri Indah

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi detikHealth, KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.

Sumber : https://health.detik.com/konsultasi

(0) yang berkomentar

Silahkan login terlebih dahulu untuk menulis komentar

Berita Lainnya

tips-trik Eco-Enzyme

Baca selengkapnya

tips-trik Pola Hidup

Baca selengkapnya

tips-trik Eco-Enzyme

Baca selengkapnya

tips-trik
Situated in the Sunda Strait that separates the large islands of Java and Sumatra, and north east of the Krakatau volcanic Islands, Sangiang Island is a Marine Nature park which offers some of the best underwater marvels found in Banten.

Baca selengkapnya

tips-trik Eco-Enzyme

Baca selengkapnya