Perlukah Suplemen Anak di Masa Pandemi COVID-19?

Tanggal posting : 20 September 2021
Oleh Admin
tips-trick

Perlukah Suplemen Anak di Masa Pandemi COVID-19?

 
 
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Perlukah Suplemen Anak di Masa Pandemi COVID-19?

“Daya tahan tubuh yang optimal diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh apalagi di masa pandemi COVID-19. Lalu, perlukah memberikan suplemen anak untuk mengoptimalkan kesehatan anak? Anak dengan kondisi sehat tidak memerlukan suplemen anak. Ibu bisa memberikan pola makan tepat agar kebutuhan vitamin dan mineral tubuh terpenuhi dengan baik. Dengan begitu, daya tahan tubuh anak semakin optimal.”

Halodoc, Jakarta – Pandemi COVID-19 belum berakhir. Berdasarkan laporan Satgas Penanganan COVID-19 “Update Data Nasional dan Analisis Kasus COVID-19 pada Anak-Anak” per 24 Juni 2020, menunjukkan bahwa 250 kasus (12,6 persen) kasus positif COVID-19 berasal dari anak. Untuk itu, sebaiknya orangtua waspada dan melakukan pencegahan yang tepat untuk menghindari anak dari infeksi virus COVID-19.

Mengajarkan anak untuk mencuci tangan, menghindari kerumunan, serta melakukan vaksinasi COVID-19 pada anak dengan usia tertentu bisa dilakukan untuk mencegah penularan. Namun, perlukah memberikan suplemen anak di masa pandemi COVID-19 untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Simak ulasannya, di sini!

Baca jugaJangan Sembarangan, Ini 7 Tips Beri Suplemen pada Anak

Suplemen Anak dan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang optimal diperlukan untuk menjaga kesehatan selama masa pandemi. Lalu, perlukah pemberian suplemen anak di masa pandemi COVID-19? Anak-anak tidak membutuhkan suplemen anak di masa pandemi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ibu bisa memberikan berbagai jenis makanan yang beragam agar kebutuhan vitamin dan mineral tubuh anak terpenuhi dengan baik. 

Vitamin dan mineral adalah nutrisi yang paling dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, vitamin tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan didapatkan dari berbagai asupan makanan yang dikonsumsi oleh anak. 

Ada berbagai jenis vitamin dan mineral yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak, seperti:

  • Vitamin C. Kebutuhan vitamin C anak bisa ibu dapatkan dari berbagai sayuran hijau, seperti jeruk, bayam, kale, stroberi, dan pepaya.
  • Vitamin E. Vitamin E mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh, ibu bisa menemukan vitamin E pada kacang almond dan hazelnut.
  • Vitamin A. Vitamin A berfungsi untuk menangkal infeksi. Ibu bisa memenuhi kebutuhan vitamin A anak dengan memberikan wortel, kentang, dan sayuran hijau.
  • Vitamin D. Ibu bisa memenuhi kebutuhan vitamin D anak melalui ikan tuna, sarden, dan salmon.
  • Asam Folat. Sayuran hijau, alpukat, dan kacang-kacangan bisa menjadi sumber asam folat yang baik untuk anak.
  • Zat Besi. Mineral ini membantu tubuh membawa oksigen ke seluruh sel tubuh dan berperan dalam proses kekebalan tubuh.
  • ZInc. Zinc diperlukan untuk membentuk sel imun tubuh yang baru. Biasanya, zinc dapat ditemukan dalam makanan hewani, seperti kepiting dan kerang.

Baca jugaMakanan Sehat untuk Tingkatkan Imun Anak di Tengah Pandemi

Jika anak dalam kondisi sehat, hindari memberikan suplemen anak tanpa saran dan anjuran dokter. Suplemen anak bisa diberikan jika anak mengalami kesulitan makan dalam waktu yang cukup lama, tidak dapat mengakses makanan sehat dan bergizi, terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, pemilih dalam mengonsumsi makanan, dan memiliki penyakit tertentu.

Namun ingat, pemberian suplemen pun harus sesuai dengan saran dokter agar tidak menyebabkan efek samping pada anak.

Gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter anak mengenai kebutuhan suplemen anak di masa pandemi COVID-19. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Tips Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak di Masa Pandemi

Selain memberikan makanan bernutrisi seimbang, ada beberapa tips lainnya yang bisa ibu lakukan untuk memaksimalkan daya tahan tubuh anak selama masa pandemi. Berikut tips yang bisa ibu lakukan, seperti:

  1. Penuhi Kebutuhan Tidur Anak

Pastikan anak memiliki waktu tidur yang berkualitas. Memenuhi kebutuhan tidur anak akan membuat daya tahan tubuh anak semakin meningkat.

  1. Jaga Kesehatan Pencernaan Anak

Pastikan kesehatan pencernaan anak terjaga. Jika kesehatan pencernaan anak dalam kondisi baik, maka sistem kekebalan tubuh pun semakin optimal.

  1. Kelola Tingkat Stres Anak

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami stres. Untuk menghindari kondisi ini, ibu bisa ajak anak untuk melakukan berbagai hal menyenangkan yang bisa membuat tingkat stres anak menurun.

  1. Ajak Anak Berolahraga

Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan secara rutin agar daya tahan tubuh meningkat. Buatlah waktu olahraga menyenangkan agar anak semakin tertarik untuk rutin melakukan olahraga.

Baca jugaMenjaga Kesehatan Pencernaan Anak untuk Optimalkan Daya Tahan Tubuh

Selain itu, ibu bisa mengajarkan anak untuk melakukan berbagai protokol kesehatan yang dianjurkan pada kawasan tertentu. Dengan begitu, kesehatan anak tetap terjaga dengan baik.

 

Referensi:

Kementerian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Diakses pada 2021. Lindungi Anak dan Remaja Kita dari Varian Baru COVID-19.
Grow by Web MD. Diakses pada 2021. Vitamin for Kids: Do Healthy Kids Need Supplements.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. 8 Vitamins & Minerals You Need for A Healthy Immune System.
Today. Diakses pada 2021. 6 Things Parents Can Do Now to Support Kids Immune System for Fall.

Sumber : https://www.halodoc

(0) yang berkomentar

Silahkan login terlebih dahulu untuk menulis komentar

Berita Lainnya